Sampaikanlah meskipun hanya satu ayat ......

Foto saya
BSD City, Tangerang Selatan, Indonesia
Sampaikanlah kepada orang lain apa yang sudah engkau ketahui, niscaya engkau akan mengetahui lebih banyak lagi.

Sabtu, 05 Maret 2011

LEBIH DARI SEKEDAR KEPEMIMPINAN



Tulisan ini merupakan upaya memahami KEPEMIMPINAN dengan melampaui arti dari sekedar seorang pemimpin, lebih dari sekedar upaya untuk mencapai keberhasilan, dan menjangkau wilayah lebih dari sekedar Indonesia.

Kepemimpinan adalah suatu kekuatan yang harus dimiliki oleh seseorang untuk membawa sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Kemudian lebih lanjut, kepemimpinan dijadikan suatu prasarat yang harus dimiliki oleh sesorang untuk menjadi seorang pimpinan.

Seorang pemimpin harus memiliki kemanpuan untuk memerintah (DIRECTING) orang-orang didalam kelompoknya. Kemampuan ini diperlukan oleh seorang pemimpin untuk menyampaikan harapannya kepada orang-orang yang dipimpinnya untuk melakukan sesuatu sehubungan dengan upaya untuk mencapai tujuannya. Kita tahu bahwa setiap orang bisa mempunyai harapan-harapan pribadi, tetapi pemimpin harus menjelaskan apa yang menjadi harapan kelompoknya. Apabila karena satu alasan, misalnya: malu, takut, malas, atau bosen, maka harapannya tersebut tidak akan pernah sampai ke orang-orang yang dipimpin, sehingga tidak ada jaminan sama sekali bahwa tujuannya akan tercapai.

DIRECTING dapat dimaknai sebagai pengembangan visi (aspirasi masa depan) dan strategi (suatu cara yang tidak bisa ditebak oleh orang lain) untuk mengantisipasi bahkan memanfaatkan suatu perubahan. Berikut ini adalah kutipan pojok dari sebuah harian nasional (KOMPAS):

“Telah terjadi PERUBAHAN yang sangat luar biasa melanda dunia yang mengakibatkan sebagian besar penduduk bumi ini TUNGGANG LANGGANG. Angin perubahan itu juga telah berhembus ke Indonesia yang hanya bisa TERNGANGA”

Paling tidak, terdapat 4 perubahan yang sangat luar biasa di dunia ini dalam kurun beberapa tahun ini: Komunikasi, Informasi, Kesehatan, dan Bisnis.

Dalam bidang komunikasi, kita masih ingat sampai tahun 1980an betapa sulitnya seseorang untuk menyampaikan khabar atau isi hatinya kepada orang lain yang dipisahkan dengan jarak melalui surat yang harus menunggu waktu sampai esok hari (surat kilat khusus) atau bahkan satu minggu (surat biasa), dan hari ini hanya dalam hitungan detik seseorang dapat menyampaikan pesan singkat (sms, bbm, dll) bahkan berita panjang dengan lampiran yang berlembar-lembar (email) kepada satu atau lebih orang tidak hanya di wilayah Indonesia tetapi menjangkau seantero dunia.

Dalam bidang informasi, pasti kita juga masih ingat terutama yang pada era tahun 1970an tinggal jauh dari Jakarta (Medan, Padang, Palembang, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makasar, dll) harus menunggu siang atau sore hari untuk bisa membaca koran (KOMPAS). Saat ini, apabila kita berada di belahan bumi manapun sudah bisa membaca KOMPAS pada dini hari (WIB) melalui internet berita yang akan diterbitkan hari itu.

Dalam bidang Kesehatan, kita tahu bahwa masih banyak asuransi yang tidak mau menjamin kesehatan atau jiwa seseorang yang mengidap beberapa penyakit berat seperti Jantung, Kanker, Lever. Saat ini, telah ditemukan dari penelitian bahwa Jantung sesorang bisa diperbaiki lagi menjadi kembali seperti bayi baru dilahirkan dengan menginjeksikan zat-zat tertentu (yang diambil dari plasenta orang tersebut yang disimpan ketika dia dilahirkan) ke Jantung orang tersebut. Jantung ini bisa direhabilitasi sampai 4 kali dengan cara ini. Betapa dahsyatnya penemuan ini, karena hal ini akan memungkinkan jantung orang dapat bertahan sampai 350 tahun (asumsi usia Jantung diperkirakan bertahan selama 70 tahun).

Dalam bidang bisnis, kita terlalu lama dininabobokkan dengan berbagai proteksi dan subsidi sehingga saat ini harus menghadapi ancaman globalisasi dalam bidang perdagangan (ACFTA – Asean-China Free Trade Area) yang mendorong Indonesia meningkatkan daya saingnya ditingkat Global.

Dalam menghadapi perubahan, ada beberapa kemungkinan orang atau sekolompok orang menanggapi: TERNGANGA, TUNGGANG LANGGANG, ANTISIPATIF, dan MEMANFAATKAN.
    
TERNGANGA menggambarkan tanggapan terhadap suatu perubahan dari seseorang atau kelompok yang tidak mengerti bahkan tidak menyadari terjadinya perubahan.

TUNGGANG LANGGANG menggambarkan tanggapan terhadap suatu perubahan dari seseorang atau kelompok yang tidak mempunyai persiapan untuk menghadapi perubahan.

Dari kutipan tersebut, tampak masih terdapat beberapa orang atau kelompok di belahan dunia ini yang memberikan tanggapan ANTISIPATIF bahkan MEMANFAATKAN terhadap perubahan itu.

ANTISIPATIF menggambarkan tanggapan terhadap perubahan dengan mempersiapkan langkah-langkah pencegahan menggunakan pengetahuan dan kemampuan yang memadai.

MEMANFAATKAN menggambarkan tanggapan terhadap perubahan dengan menggunakan perubahan tersebut untuk meningkatkan laba dan meminimalkan resiko.

Ini adalah pola pikir yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin sehingga mampu memberikan perintah yang tepat pada situasi yang tepat.

Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mengarahkan (ALIGNING) orang-orang didalam kelompoknya. Kemampuan ini diperlukan oleh seorang pemimpin untuk memberikan arah tujuan yang akan dicapai oleh kelompoknya. Kita tahu bahwa setiap orang didalam kelompoknya bisa saja mempunyai pendapat tentang arah tujuan yang akan dicapai sesuai dengan pengetahuan, pengalaman dan kemauannya. Untuk itu seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan untuk memberikan arahan kepada anggota kelompoknya, agar setiap orang dalam kelompok tersebut melakukan tugasnya dalam arah yang diberikan oleh pimpinan.
ALIGNING adalah mengkomunikasikan dengan kata dan perbuatan untuk mencapai tujuan:
  • Mendiskusikan penetapan tujuan dengan melibatkan orang-orang yang berkepentingan. Mengatakan dan menyampaikan tujuan dan target yang hendak dicapai. 
  • Menuliskan di papan tulis untuk membantu kelompok agar lebih fokus dan berpartisipasi secara aktif pada topik yang didiskusikan. 
  • Katakan dan lakukan sesuai dengan tujuan.
Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk memberikan ide (INSPIRING) kepada orang-orang didalam kelompoknya. Kemampuan ini diperlukan oleh seorang pemimpin agar orang-orang didalam kelompoknya mendapatkan inspirasi dari pimpinannya sehingga mampu menggunakan pengetahuan, pengalaman dan kemauannya untuk melakukan tugas-tugasnya sehingga dapat menyesesaikan berbagai masalah yang ada di dalam kelompok itu.
INSPIRING dilakukan dengan berbagi dan membuat ide yang dapat mensinergikan tim, dapat membuat tim lebih innovatif, lebih berperan dan lebih produktif. Shunryu Suzuki mengatakan bahwa didalam benak para pemula terdapat banyak sekali kemungkinan, sementara didalam benak seorang ahli terdapat semakin sedikit kemungkinan. Dr. Koichi Kawana berpendapat bahwa penyederhanaan berarti pencapaian maksimum dengan mempergunakan sedikit alat.
Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk memotivasi (MOTIVATING) kepada orang-orang didalam kelompoknya. Kemampuan ini diperlukan oleh seorang pemimpin agar orang-orang didalam kelompoknya termotivasi untuk melakukan tugas dengan sebaik mungkin, selalu melakukan perbaikan-perbaikan dalam pekerjaannya sehingga.
MOTIVATING dapat dilakukan dengan memberikan penghargaan dan teguran. Ketika seseorang atau sekelompok orang bertepuk tangan bisa jadi dia/mereka sedang termotivasi. Ketika dua sejoli yang sedang bertemu kemudian mengatakan “dapatkah kita bertemu lagi minggu depan” menggambarkan bahwa dia/mereka sedang termotivasi. Dan, ketika seorang penyerang dalam suatu permainan sepakbola berhasil menyarangkan gol ke gawang lawan kemudian mereka merayakannya dengan melakukan gerakan-gerakan aneh serta melompat dan memeluk teman-teman setimnya, mereka menjadi sangat termotivasi. Maslow menyusun tingkatan kebutuhan manusia yang sangat mempengaruhi motivasinya (melakukan pekerjaan yang diinginkan, memerlukan respek dan pengargaan, disayangi dilungkungan sosialnya, dan kebutuhan untuk hidup: bernafas, makan, minum, tidur).   
Dengan kata lain, seorang PEMIMPIN haruslah mempunyai KEPEMIMPINAN yang sangat kuat.


Kata kunci: KEPEMIMPINAN, DIRECTING, ALIGNING, INSPIRING, MOTIVATING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar